Friday, September 27, 2019

Resep Roti Andalan Untuk Jualan

setelah sekian lama akhirnya kembali menyempatkan untuk menulis. sebetulnya kadang waktu terasa sempit. dari mulai pagi dini hari sampai malam sepertinya ada saja yang harus di kerjakan. maklumlah sebagai seorang single mom apa apa harus di kerjakan sendiri. di cari cari sendiri kalau perlu apa apa. dari mulai urusan anak sampai genteng bocor.

 tapi Alhamdulillah saya bukan tipe orang yang suka berkeluhkesah di sos med atau status WhatsApp. sepertinya cliché sekali kalau harus tulis tentang keluhan di social media.. I prefer to share happiness than sadness. orang lain tidak perlu tau kesulitan kita. stay positive. lagian status WhatsApp saya most of the time saya isi dengan item jualan saya he he.

 balik lagi ke judul ya.. jadi sebetulnya resep roti itu yang beredar di internet buanyak sekali. sampai bingung khan milih resepnya. tapi secara garis besar sebetulnya tepung ditambah ragi ditambah air dan garam saja sudah bisa jadi roti.

 roti roti ala eropa yang biasanya memang cenderung keras tekstur luarnya. di dalam nya tetap lembut tapi tentu tidak selembut roti kesukaan orang asia. secara umum di Instagram itu beredar 3 jenis resep roti. Roti manisnya NCC dari ibu Fatmah Bahalwan, resep roti metode overnight dough yang hitskan oleh mommy kece Tintin Rayner, Roti KSB atau killer soft bread dan roti yang menggunakan whipcream. tapi pada dasarnya kunci kelembutan roti tidak semata mata dari resep resep ini, tapi bergantung kepada kondisi kalis elastis yang tercapai.

 jika kondisi kalis elastis ini tercapai maka dipastikan rotinya akan berakhir lembut. kalis elastis bisa tercapai kalau proses pengulenannya sempurna. dan memakai mixer khusus roti yang mempunyai dough hook sangat membantu. tapi jangan khawatir kalau teman teman hanya punya mixer yang dipegang pakai tangan juga bisa menggunakan attachment yang berbentuk uliran. hanya saja kapasitas hanya bisa sampai 250 gram terigu . mungkin sekitar 10 pcs roti adonan 50gram. orang asia cenderung menyukai roti yang rasanya manis, banyak telur atau susu atau mentega. mungkin kalau di eropa ini dinamakan brioche (baca : brios) adonan brioche
ini banyak mengandung telur, gula dan mentega atau butter. ingat… mentega itu sebetulnya terbuat dari lemak hewani biasanya susu sapi. tapi kita di Indonesia biasanya mendengar mentega itu yang tunjuk blue band hi hi saya pun begitu dulu.. blue band itu termasuk kategori margarine karena terbuat dari lemak nabati atau tumbuhan biasanya kelapa sawit. jadi teman teman.. saya ini mencari uang dengan segala upaya yang penting Halal.. dari jualan frozen food, bikin manisan kolang kaling, sambal kemasan, pizza, bolu pisang, dimsum dan banyak lagi wkwkwkwk.. tapi yang sekarang dijalani ada 2 yaitu jualan frozen food dan roti. frozen food karena sangat mudah untuk dijalankan dan tidak perlu modal banyak, teman teman bisa baca tulisan saya tentang manisnnya laba jualan frozen food di link ini ya. yang kedua saya suka berjualan roti karena roti adalah kesukaan anak anak saya. tapi jujur tergantung mood juga jualannya. 

 langsung aja share resep. kali ini yang ingin saya tulis adalah resep roti manis ncc. resep yang saya pakai untuk jualan.
Roti Keju 

Roti Coklat
Roti Vanilla
Roti Sosis
RESEP ROTI MANIS NCC
 untuk 20 roti adonan 50 gram 
 bahan
 terigu protein tinggi 500 gram 
gula pasir 100 gram
 susu bubuk 25 gram 
susu cair 130 ml 
bread improver 3 gram
 kuning telur 4 
ragi instant 11 gram 
air es 100 ml
 mentega 100 gram
 garam 1 sdt 

 bahan olesan 
 telur ditambah susu sedikit

cara membuat
 1. campur semua bahan kering kecuali garam aduk rata
2. masukan susu cair, air dan telur aduk lalu uleni 3. masukan mentega dan garam jika adonan sudah tidak menggumpal sempurna. uleni sampai kalis elastis. di menit ke 10 bisa di ambil sedikit adonan. lalu pelan pelan di lebarkan sampai setipis mungkin. ini yang dinamakan window pane test. jika sudah di tahap ini berarti adona teruleni dengan sempurna. istirahatkan adonan selama 15 menit.
 4. potong dan timbang adonan @ 50 gram. resep ini menghasilkan kurang lebih 20 roti ya teman teman
. ----panaskan oven di suhu 170 - 180'celcius -----
 5. lakukan proses rounding atau membulatkan. proses ini penting sekali agar tekstur rotinya cantik. TIPS setelah di timbang lsg di rounding. jangan menunggu sampai semua selesai di timbang karena nanti roti terlalu mengembang. kalau langsung di rounding maka kita bisa langsung bisa kasih isian roti atau topping roti begitu proses timbang selesai.
 6. istirahatkan adonan selama 30 menit atau jika kita lihat roti sudah 2 kali lipat besarnya dari ukuran awal.
 7. poles dengan bahan polesan sebelum roti masuk ke oven. poles dengan hati hati agar roti y ang sudah terisi udara tidak rusak atau kempes.
 8. kenali oven masing masing. roti di bakar maks 15 menit ya untuk ukuran 50 gram ini. untuk roti yang lebih besar seperti roti tawar memerlukan waktu lebih lama

 nah itu dia resep yang selalu saya pakai untuk jualan. terus terang ini termasuk kedalam resep premium karena roti yang di hasilkan lembut banget. apalagi kalau filling yang kita gunakan juga berkualitas baik. saya sendiri menggunakan tulip choco filling dan untuk keju saya pakai kraft filling. untuk sosis saya pakai champ sosis sapi. untuk rasa vanilla dan lainnyasaya menggunkan merek puratos. harga jual roti saya berkisar antara 7000 - 10000 per roti. dan Alhamdulillah setiap bawa kesekolah habis terjual.

selamat mencoba teman teman semoga bermanfaat. ikuti blog ini atau bisa ke youtube saya untuk info tulisan terbaru

No comments:

Post a Comment